RSS

Jangan takut perubahan

23 Feb

Tidak semua orang bisa menerima perubahan. Hanya mereka yang kepribadiannya cukup matang bisa mengerti bahwa perubahan merupakan faktor hakiki dalam hidup, lalu menerimanya secara positif. Sekarang merupakan saat yang tepat untuk mengawali langkah-langkah baru. Mulailah dengan memandang perubahan dengan “kacamata” baru pula.

Masyarakat dan kehidupan memang bukan sesuatu yang mantap dan mandek. Kita harus bersedia menerima perubahan dalam hidup ini. Demi kebahagiaan dan ketenangan pikiran, kita harus siap tentang kemungkinan terjadinya perubahan maupun aktualitas dari perubahan.

Pola hidup yang tidak berubah-ubah akan sangat membosankan. Perubahan merupakan bumbu penyedap dalam hidup, meskipun tidak jarang menimbulkan guncangan emosional. Kita tak akan menemukan bumbu penyedap itu dari kerutinan yang menjemukan.

Hadapilah setiap perubahan dalam hidup ini dengan sikap luwes dan belajarlah menyesuaikan diri terhadapnya. Kita harus bisa memanfaatkan perubahan, dan tidak perlu merasa disiksa karenanya. Jangan menghindari perubahan tetapi banggalah pada kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan itu. Kemampuan ini merupakan tantangan utama dalam setiap perubahan bagi pola hidup kita.

Setiap perubahan memang bisa membawa kesempatan untuk tumbuh. Ini terutama benar dalam hal kepindahan kerja. Pada setiap kepindahan kerja, Anda akan menemukan kecakapan-kecakapan baru yang mungkin tidak pernah Anda sadari bahwa Anda memilikinya.

Beberapa langkah praktis untuk menghadapi perubahan situasi.

  1. Meskipun sedang menikmati situasi saat ini, jangan lupa bahwa perubahan merupakan bagian yang hakiki dari kehidupan. Kalau kita selalu siap mental menerima perubahan, maka pada saat perubahan itu terjadi hidup kita akan terasa lebih lancar.
  2. Jangan memandang perubahan sebagai akhir dari segala-galanya. Meskipun di sana-sini memang ada perubahan yang sangat berarti, sebagian besar dari perubahan  dalam hidup kita sebenarnya cukup halus dan perlahan-lahan. Kalau kita bisa belajar mengantisipasi perubahan, dan mau mengubah cara hidup sehari-hari, kita tidak akan mengalami guncangan emosional kalau menerima perubahan besar.
  3. Lihatlah selalu sisi positif dari setiap perubahan situasi. Carilah bagaimana perubahan itu bisa meningkatkan kematangan dan kegembiraan hidup.
  4. Kita bisa memecah suatu perubahan dalam beberapa gelombang secara bertahap. Dengan demikian kita tidak lagi dihadapkan pada satu guncangan besar dalam hidup, tetapi serangkaian perubahan yang dapat kita hadapi dengan sempurna.

Jadi, jangan takut akan adanya perubahan. Hadapi dan jalani saja.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 23, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: